*~aGusJohn’s Blog~*

Mengalir Bagaikan Air

Gayaku FM: Konsep Ciamik Marketing Mix (Juara II)

Oleh: Sudarno_cro (Outbound Postpaid Enhancement)

PT. Bakrie Telecom sejak awal berdiri telah menjadi momok menakutkan bagi industri telekomunikasi di Indonesia. Bagaimana tidak, dari mulai promo, produk hingga realitas pelanggan dan komitmen pelayanan selalu diusung dan menjadi prioritas nomor wahid bagi operator CDMA ini. Konsep awal seperti yang dikemukakan oleh Ahmad Bakrie, ketika terjun ke dunia bisnis betul-betul aplikatif dan de facto terbukti di lapangan. Ia menjadi soko guru komunikasi dan menjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia. Nampaknya pasal 33 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi:

“Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”

Pasal di atas betul-betul dilaksanakan sepenuhnya bagi sebesar-besarnya kemakmuran telekomunikasi dan komunikasi rakyat Indonesia.

Launcing Gayaku FM

Pada tanggal 25 November 2009 yang lalu PT. Bakrie Telecom Tbk, berkerja sama dengan PT. Metrotech Jaya Komunika (produsen/distributor ponsel bermerek dagang ”Nexian”) meluncurkan produk baru HP Gayaku FM di gedung EX Plaza Jakarta Pusat. Acara tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa dengan membudaknya pelanggan melebihi kapasitas dan nominal HP yang disediakan. Ini adalah kali kedua (pertama tahun 2007) Nexian bekerja sama dengan brand Esia melakukan buindling HP dan menjadi momen penting bagi komunikasi pelanggannya.

Konsep awal yang ’nakal’ membuat Esia menjadi operator yang disegani saat ini. Manajemen startejik apa yang dilakukan Esia, sehingga begitu mendapatkan sorotan dari masyarakat luas dan diganjar berbagai pernghargaan dari mancanegara. Penulis akan menyoroti bagaimana strategi marketing mix ala Gayaku FM yang dilakukan Esia dan Nexian bisa berdampak baik bagi PT. Bakrie Telecom ke depannya.

Di dalam Manajemen Pemasaran, menurut Kottler (2008), bahwa sebuah usaha atau bisnis akan maju apabila memperhitungkan 4 hal utama yang disingkat 4P:

  1. Product
  2. Price
  3. Promotion
  4. Place

Nah, 4P tersebut menjadi strategi jitu mengapa lauching Gayaku FM menarik perhatian banyak pihak.

1. Product

Setelah PT. Bakrie Telecom menelurkan produk Esia Suka-Suka akibat animo masyarakat akan nomor-nomor cantik dan mudah diingat begitu antusias, kini giliran trend setter dengan segmentasi gaul dan keren yang dibahas. Produk Gayaku FM secara harfiah bisa dipahami berarti untuk gaya dan bisa untuk mendengarkan frekuensi radio FM. Tidak hanya itu produk HP Esia Gayaku FM ini dapat membuka layanan Facebook dengan cepat. Facebook yang ada merupakan aplikasi yang digandrungi saat ini. Tampilan pun akan terlihat menarik karena sudah menanamkan layar berkekuatan 65K TFT colour LCD seluas 1.5 inch. Hape inipun ringan dengan berat hanya 60 gram serta tahan lama karena didukung oleh baterai lithium ion 670 mAh yang mampu digunakan untuk bicara selama 3 jam dengan waktu siaga 120 jam. Kapasitas phonebooknya juga bisa mencapai 500 kontak dan SMS 350 buah. Hal lainnya yaitu midi ringtones, speaker dialing, SNS, speaker phone, navigation key, FM radio dan language Indonesia-English.

Produk Gayaku FM menjadi ikon HP facebook pertama yang terjangkau sesuai dengan style tampilannya “Facebook-an gak pernah sekeren dan semurah ini!”. Pilihan warna pun menjadi taktik yahud yang patut diacungi jempol bagi Nexian dan Esia. Betapa tidak warna-warni Nexian NX982 yang ngejreng menjadi daya tarik tersendiri dan memukau setiap mata yang memandang. “Esia adalah operator CDMA satu-satunya yang saya akui dan salut karena keberaniannya menjual produk HP terjangkau bagi masyarakat. Saya merasa terbantu, apalagi sekarang bisa facebook-an”, tutur Wahyu (34 tahun), warga Cibubur yang rela antri ditemani keponakannya untuk mendapatkan Gayaku FM dari pukul 07.00 Wib di EX Plaza, 25 November lalu.

2. Price

“Coba sebutkan operator mana yang berani memberikan harga terjangkau dan tariff tidak menipu bagi kita?” Pertanyaan itu ke luar dari Pak Agus seorang pengunjung yang tengah berdiskusi beserta calon pembeli lainnya yang tengah mengantri di pelataran EX Plaza Rabu, 25 November lalu. “Hanya Esia, apalagi bisa facebook-an. Makanya saya rela mengantri dari pagi untuk mendapatkannya. Setelah tetangga saya dengar di radio, ternyata harganya gila, hanya Rp.99. Ribu”, tambahnya.

Harga, merupakan miniatur daya beli dari masyarakat dan merupakan keinginan terpendam untuk dilampiaskan dalam bentuk tindakan nyata. Nah, harga Gayaku FM yang dibanderol awal Rp. 99.000 merupakan terobosan dahsyatullah, karena melampaui sekat-sekat dan menghubungkan jurang kesenjangan diantara masyarakat luas. Memang hanya 1 hari Gayaku FM digelar di luar harga normal, namun antusiasme masyarakat begitu terasa. Mereka rela berdesak-desakan dan saling sikut-sikutan mempertahankan keinginan yang sama untuk mendapatkan HP Gayaku GF dengan harga unik.

“Dek, saya sudah bolak-balik ke gedung ini (EX Palza, pen.) dari jam 9 malam, karena katanya mau ada jualan HP Esia bisa facebook dan radio hanya Rp.99 Rb dan sampai jam 11 siang ini saya masih mau ngantri demi anak cucu. Tutur Ibu Lis (56 tahun), warga Kebon Kacang yang sudah siap mengantongi uang untuk membeli 10 unit HP Gayaku FM karena tergiur harganya. Strategi marketing dengan harga merupakan elaborasi serius dari Esia dan Nexian bagi realitas masyarakat melalui Gayaku FM.

3. Promotion

Promosi menjadi bagian dari manjemen stratejik yang bagus yang dilakukan PT. Bakrie Telecom dan PT. Metrotech Jaya Komunika. Promosi yang dilakukan tidak hanya melalui layanan media masa dan elektronik, namun juga melalui media internal dan eksternal. Bapak Pungky misalnya. Sebagai seorang sopir taksi yang bisa berkeliling di jalan MH. Thamrin, mendengar bahwa akan ada ribuan orang mengantri membeli HP Esia di EX Plaza membuat ia berpikir untuk melewati jalur alternatif. Pak Pungky hanya mendengar informasi tersebut dari tetangganya yang kebetulan berlangganan koran ibukota. Nah, berita baik nampaknya bisa menjadi informasi ganda apabila diarahkan kepada promosi yang benar dan tidak menipu serta betul-betul memberikan hasrat bagi pembeli untuk membeli dan mendapatkannya.

Layanan promosi ini selain menarik, unik, juga memotivasi orang untuk berpikir dua hingga tiga kali mengenai apa yang sebaiknya, apa yang seharusnya dan bagaimana melakukannya. Tentunya hal di atas berlaku bagi siapa saja yang berkeinginan memiliki produk HP terjangkau dengan pembanding HP sebelumnya dan kelebihan yang tidak didapatkan dari feature-feature HP sebelumnya.

Adapun nilai tambah bagi Gayaku FM adalah: Hape esia Gayaku FM:

–         Gratis Facebook selama 1 bulan

–         Gratis Info Musik selama 1 minggu

–         Gratis talktime senilai Rp.10.000

–         Gratis VIVAnews selama 1 minggu

–         Gratis Wallpaper & Polyphonic ringtone (sudah ada di HP)

–         Gratis hands free

–         Gratis RBT selama 1 bulan

Hape esia Gayaku FM :

Application Name Tariff Plan
Info Musik Rp.2000,- / week
Karaoke Rp.5000,- / download
Esia Shop Rp.5000,- / download
VIVAnews.com Rp.2000,- / week
Facebook Rp.3000,- / week
Gobak Sodor Buy 1 level = Rp.1500,-
Buy 2 levels = Rp.2000,-
Buy 3 levels = Rp.3500,-
Update Score = Rp.1000,- / update
Congklak Rp.1000,- / session
Update Score = Rp.1000,- / update

Hape esia Gayaku FM :

  • Nexian NX982 Handsets + battery + charger
  • User Manual Facebook & Music Esia
  • User Manual Esiaku
  • User Manual VAS (Flyer)
  • User Manual Hape esia Gayaku FM
  • User Manual Handset
  • Tabel Tarif
  • Handset Warranty Card & List of Service center
  • Handsfree

(sumber Intip http://172.16.8.26/intip/Database/FAQ%20Hape%20Gayaku,%20Idolaku,%20Muzik.htm)

Isi promosi dan dampak promosi yang dilakukan di EX Plaza juga menjadi pemantik. Betapa tidak, negara kita dengan miniatur Jakarta sebagai ibukota masih mendapatkan tempat yang banyak dan menyisakan ruang kosong bagi sounding berbagai produk jualan dan strategi marketing lainnya. Apa yang diperbuat sebelumnya, apa yang dilakukan, dan pelayanan apa yang diberikan, menjadi nilai tambah bagi pelaku bisnis untuk menjadi pionir dan mampu melenggang tegak di antara para kompetitor dan pelanggan serta produk pengganti. Promosi Esia dan Nexian ini telah menjadi hangar bingar informasi beberapa hari ini. Meskipun harga Gayaku FM saat ini sudah kembali normal (Rp. 299.000), namun keberhasilan dan trend gaya masih menjadi hal yang akan terus diekspoitasi bagi semua pelaku bisnis sesuai dengan perkembangan jaman.

4. Place

Mengapa dipilih EX Plaza untuk launcing facebook di Gayaku FM? Selain menjadi salah satu ikon dan simbol pusat kota yang unik, juga design gedung, gaya serta bentuk yang memikat serta mudah dilihat dan gampang dikunjungi pelanggan nampak menjadi alasan yang masuk akal. Betapapun kita sudah mendesign tempat semenarik mungkin, namun tempat tidak mudah diingat dan sulit dijangkau, menjadi batu ganjalan bagi pelanggan manapun. Sebaliknya pelanggan akan datang dari berbagai penjuru apabila faktor-faktor di atas mendominasi dan memudahkan pelanggan untuk datang.

Strategi place di EX Plaza membuat Esia dan Nexian dikenang, terlebih dengan insiden membludaknya pelanggan melebihi jumlah HP (5.000 unit) yang disediakan pihak operator. “Saya jauh-jauh dari Cibubur bertiga sama temen-temen ke sini. Selain tau gedungnya di EX Plaza, jalan-jalan, juga karna HP harganya murah, ya saya izin dulu ke kantor untuk change shift menjadi malam”, tutur Selmi (24 tahun), karyawati swasta.

Sebagai operator CDMA, PT. Bakrie Telecom dan PT. Metrotech Jaya Komunika (Nexian) telah bergandengan tangan dan beriringan mewujudkan 4P di atas. Product, Price, Promotion dan Place tidak bisa dijalankan sendiri-sendiri, namun harus dilakukan secara holistik dan menyeluruh. Taktik di atas pantas mendapatkan apresiasi sebagai konsep ciamik marketing mix. Ia menjadi faktor penentu, mengapa suatu produk bisa layak masuk pasar dan diterima. Tentu kejujuran, keunikan, dan pelayanan pra dan paska transaksi juga menjadi bahan yang dipertimbangkan pelanggan, mengapa mereka beralih ke Esia.(darno)

Desember 1, 2009
Kategori: arketil . . Penulis: blankondarno

Desember 3, 2009 - Posted by | Esia

1 Komentar »

  1. mau beli hp esia yg bagus paket pa ya..? gayaku..? merdeka? slank?

    Komentar oleh Randy Hawai | Desember 4, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: