*~aGusJohn’s Blog~*

Mengalir Bagaikan Air

#135: Menjaga Revenue Sambil Berolahraga

Sepeda Santai Esia – Kopassus

judul-gowesMinggu, 21 Maret 2009; hari yang sangat cerah. Pagi itu, Esia punya acara besar, gowes bareng dengan anggota Kopassus (Komando Pasukan Khusus) -sebuah pasukan elite di lingkungan TNI AD. Temanya bagus, “Sepeda Santai Dalam Rangka Menjalin Keakraban dan Kerjasama antara Bakrie Telecom dan Sat-81 Kopassus“. Tidak tanggung-tanggung, enam General Manager (GM) Bakrie Telecom (BTEL) -plus beberapa manager lainnya, dan hampir semua jajaran perwira menengah (pamen) DanSat-81 Kopassus ikutan gowes.

Acara ini merupakan bagian dari maintenance program “Esia Gratis Rame-Rame” (Closed User Group/CUG); suatu bentuk kerjasama antara Esia dengan Kopassus, yang memberikan tarif hemat dan murah bagi anggota Kopassus dan keluarganya ataupun komunitas yang lain, dengan reduce cost hingga 40-60%. Berlatar belakang berolahraga bersama sambil merawat loyalitas pelanggan (baca: revenue) inilah acara tersebut dibuat.

***
esia-gowesRombongan gowes dari Esia dan Kopassus start dari Mako Kopassus Cijantung jam 06:00. Sebelumnya, jam 5:30 acara dimulai dengan senam bersama sebagai pemanasan, lalu pengarahan dari Komandan Satuan-81 Anti Teror/Kopassus (Dansat-81/Kopassus) mengenai rute yang akan dilalui dan dilanjutkan dengan penghormatan bendera dan berdo’a.

Dari Mako Kopassus, rombongan yang terdiri dari sekitar 180 orang (150 orang anggota Kopassus, 10 orang Esia Gowes, 15 orang dari Bakrie Brothers -bergabung di Warung Buncit, dan sisanya dari umum) menuju Jalan Mahoni, lalu ke Jalan Kesehatan. Di bagian terdepan, seorang provost dengan mengendarai sepeda motor bertugas sebagai pembuka jalan, sedangkan di bagian belakang diikuti satu mobil team penyapu, satu ambulance, satu truk tentara, dan dua mobil Esia.

warung-jati4Rombongan kemudian belok kiri menuju Gedong, masuk ke Jalan RA. Kartini. Dari jalan yang selurus dengan Jalan TB Simatupang itu, rombongan belok kanan dari perempatan Ragunan. Masuk dengan penuh semangat dan ceriah melaju ke Jalan Warung Jati Barat (Warung Buncit), lurus menuju Jalan Mampang Prapatan, dan berakhir di kantor Esia, Wisma Bakrie, Kuningan.

Rombongan tiba di Wisma Bakrie jam 07:10.Total rute yang ditempuh kurang lebih 17 km. Suasana penyambutan yang dilakukan oleh Team Business Segment Esia sangat ramah dan meriah. Makanan nasi kardus yang lezat dan pedas, aqua gelas, dan ada panggung hiburan. Organ tunggal dengan laki-laki tambun bersuara jazzy menghibur rombongan yang sedang sarapan. Rombongan pun sangat puas.

cindera-mata1Sehabis sarapan, sambutan dari masing-masing perwakilan. Henry Yunus Pangemanan, GM Business Segment Bakrie Telecom, sedangkan dari Kopassus diwakili oleh DanSat-81 Anti Teror/Kopassus, Kolonel Nugroho Budi. Dilanjutkan dengan serah-terima cindera-mata, games, doorprize dan joget poco-poco.

Dalam sambutannya, kedua perwakilan Esia-Kopassus tersebut sangat berharap agar ke depannya kerjasama ini bisa lebih ditingkatkan. Tidak hanya dalam hal gowes, Kopassus juga sangat terbuka dengan komunitas-komunitas BTEL lainnya -misalnya Bascom/BTEL Air Softgun Community, karena Kopassus juga punya kompetisi lomba menembak antar komunitas- jika ingin bekerjasama.

Setelah berkaraoke bersama, acara pun selesai jam 9:00. Rombongan Kopassus kembali ke Cijantung dan sampai di Mako Kopassus sekitar jam 10:15 WIB.

***
pejabat-teras2Acara yang digagas oleh Tim Business Segment ini sangat bagus. Banyak hal positif yang bisa didapat oleh kedua-belah pihak, diantaranya: Pertama, berolahraga; karena kesehatan menjadi hal yang utama bagi militer, dan menjadi sangat penting bagi karyawan BTEL yang tiap harinya rutin di depan komputer, duduk di depan meja saja.

Kegiatan “mencari keringat” itu juga sejalan dengan agenda “Cijantung Cycle Community” (CCC/Army Cycle Special Forces) –komunitas gowes anggota Kopassus- yang memiliki agenda rutin bersepeda dua minggu sekali, dan di Bakrie Telecom sendiri juga baru terbentuk “Esia Gowes Community” (EGC) yang mewadahi para pecinta olahraga gowes. Komunitas gowes di Kopassus tersebut menjadi sangat istimewa karena mungkin mereka adalah satu-satunya komunitas gowes terbesar dan paling solid di lingkungan militer. Dan terbukti, kolaborasi keduanya (CCC denga EGC) kemarin sangat menarik untuk dilihat.

Kedua, bersosial-masyarakat. Ini juga sejalan dengan visi dari TNI;  BINTERTAS (Pembinaan Teritorial Terbatas) yang pernah beken dengan istilah, “TNI Manunggal dengan Rakyat“. Mereka sangat menyadari akan arti pentingnya sebagai bagian (menyatu) dari masyarakat.

Ketiga, kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua-belah pihak. Program “Esia Gratis Rame-Rame” memberikan layanan dengan tarif yang sangat hemat kepada anggota Kopassus (dan komunitas lain dalam bentuk kerjasama CUG), di sisi yang lain, dapat menggenjot pertumbuhan dan menjaga revenue dari pelanggan Bakrie Telecom.

Semoga acara seperti ini tetap berlanjut di kemudian hari dan bisa diperluas segmen komunitasnya.
Bravo Esia, bravo Kopassus!

(c)aGusJohn,
Wisma Bakrie Lt-4, 23 Maret 2009

Maret 23, 2009 - Posted by | Esia | , , , ,

6 Komentar »

  1. ulasannya mantap..hanya sayang, dari Btel cuma sedikit yang ikutan…mungkin pada lebih suka naik kendaraan bermotor kali yah???

    Komentar oleh mohammad yusuf | Maret 24, 2009

  2. Betul, mas.
    dari Esia Gowes hanya 10-11 orang saja..
    bisa dimaklumi karena komunitas ini baru terbentuk.

    mudah2-an ke depan lebih banyak lagi yg akan bergabung.

    Komentar oleh agusjohn | Maret 24, 2009

  3. Kalo ada lagi…tlg inform ke saya…

    Komentar oleh RIRI | Juni 11, 2009

  4. tentang apa ya, Mbak Riri??

    th’s.
    salam,

    Komentar oleh agusjohn | Juni 11, 2009

  5. Kapan kita gowes bersama lagi dengan CCC, karena rencana tgl 24 akan gowes ke Bandung. Tks

    Komentar oleh bambang triono | Oktober 18, 2009

  6. Rekan rekan Goweser Esia. kapan kita goes bareng lagi terakhir kalau tidak salah kita ke Ciangsana , mumpung lagi musim hujan . apa kabar pak hendri

    Komentar oleh A.Mauludi | November 25, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: