*~aGusJohn’s Blog~*

Mengalir Bagaikan Air

#123: Hape Esia Bali, Wujud Impian Masyarakat Bali

Dilengkapi konten khusus umat Hindu dan Telepon Gratis Sesama Esia Selama 4 Bulan Di Bali

Jakarta, 6 Februari 2009
Kini masyarakat Bali memiliki hape eksklusif yang dibuat berdasarkan masukan mereka dan dipersembahkan pula untuk mereka. Hape tersebut dilengkapi konten khusus umat Hindu seperti kalender Bali, pustaka Hindu, penanda waktu Tri Sandhya, Gending Bali dan Wallpaper Bali. Selain itu masyarakat Bali yang membeli hape ini juga akan menikmati bonus sms 240 ribu karakter ke sesama Esia dan telepon gratis juga ke sesama pelanggan Esia di Bali selama 4 bulan (hingga 31 Mei 2009). Esia juga akan menyisihkan Rp 10 ribu dari setiap penjualan Hape Esia Bali sebagai dana punia yang akan diserahkan melalui PHDI (Parisadha Hindu Dharma Indonesia).

”Hape ini sangat cocok bagi Masyarakat Bali karena idenya berasal dari masukan yang diberikan oleh masyarakat Bali sendiri. Esia tinggal memfasilitasinya dan mengemasnya dalam sebuah produk yang sesuai dengan keinginan tersebut. Bisa dikatakan Hape Esia Bali merupakan wujud dari impian masyarakat Bali karena berasal dari mereka dan diperuntukkan bagi sendiri”, papar Erik Meijer, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk ketika memperkenalkan Hape Esia Bali di Denpasar, Bali kemarin.

Hape Esia Bali merupakan hape pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berisi fitur-fitur pilihan khusus umat Hindu. Fitur-fitur ini dapat menjadi pengingat penting dalam beribadah sehari-hari dan telah mendapatkan rekomendasi dari PHDI.

Menurut Erik, masyarakat Bali merasa ciri budaya dan keagamaan mereka yang penuh dengan ajaran-ajaran Hinduisme harus terus dipelihara ditengah terpaan angin globalisasi. Perkembangan teknologi justru harus dimanfaatkan untuk memelihara keteguhan serta keunikan budaya dan agama masyarakat Bali.


Seperti halnya Hape Esia Hidayah bagi kaum muslim, Hape Esia Bali juga bisa dijadikan sarana pembelajar dan pelengkap bagi kaum Hindu Bali untuk semakin memperkokoh lagi akhlak serta nilai ibadah yang dijalankannya. Niat Bakrie Telecom dalam memperkenalkan Hape Esia Bali juga merupakan upaya untuk menjadikan teknologi sebagai bagian dari gaya hidup yang memiliki nilai-nilai religius dan karenanya bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Karena fiturnya sarat dengan nuansa keagamaan, maka perlu diperhatikan pemanfaatan fitur Hape Esia Bali dilakukan dengan mengindahkan kaidah-kaidah keagamaan, khususnya agama Hindu dan digunakan sebagimana mestinya dengan menjaga keabsahan konten yang tersedia di setiap fiturnya.

”Prinsipnya sama dengan Hape Esia Hidayah yang diperuntukkan bagi kaum muslim. Penggunaannya dan isi dalam fitur juga memperhatikan saran-saran yang diberikan oleh pihak yang berwenang. Dalam hal ini Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Pada Hape Esia Bali yang berwenang tentunya PHDI. Karena itu hape ini memang cocok sekali dengan masyarakat Bali”, kata Erik.

Kalender Bali misalnya. Sebagai salah satu fitur dalam Hape Esia Bali memuat aplikasi penanggalan tentang piodalan atau upacara di pura-pura Bali, terutama di pura-pura besar seperti Pura Basakih. Juga berisi aplikasi Trisandya yang mengingatkan umat Hindu untuk melakukan ritual doa 3 kali sehari.

Sedangkan fitur Pustaka Hindu memuat aplikasi yang berisi doa sehari-hari, buku suci Bhagavad Gita dan Sarasamuscaya serta aneka kidung. Pada kedua fitur tersebut pelanggan Esia harus melakukan registrasi dan kemudian dapat menikmatinya secara gratis selama 7 hari. Selanjutnya pelanggan akan dikenakan secara otomatis biaya berlangganan mingguan sebesar Rp 1000,- plus ppn untuk masing-masing fitur.

Disamping kedua fitur berbayar tersebut, pelanggan Esia dapat menikmati fitur Wallpaper Bali dan Gending Bali secara gratis. Wall paper Bali berisi gambar-gambar dan foto yang bernuansa budaya Bali. Sementara pada fitur Gending Bali lagu-lagu pda ring tonenya juga sangat bercirikan Bali seperti Janger, Layon Sari dan Mlila Cita.

Harga Hape Esia, menurut Erik, sangat ekonomis dan sama dengan hape-hape Esia lainnya yaitu Rp 299 ribu (termasuk ppn). Bonus sms 240 ribu karakter ke sesama pelanggan Esia bisa digunakan di bulan kalender berikutnya sejak aktifasi dan berlaku selama 30 hari. “Itulah ciri khas Esia. Inovatif dan terus berupaya untuk memberikan produk sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan segmen masyarakat”, jelas Erik.


Paket bundling hape Esia selalu disertai dengan fitur-fitur unik, punya pesan khusus dan ternyata memang diminati oleh segmen tertentu dari pelanggan Esia. Paket bundling yang diluncurkan ke masyarakat penuh dengan fitur-fitur unik yang tidak mudah ditiru oleh operator lain.

Diakui Erik, adanya fitur-fitur unik selain memberikan nilai tambah bagi pelanggan Esia juga merupakan langkah strategis perusahaan untuk menggandeng potensi content provider lokal. ”Kita buka kesempatan seluas mungkin dengan para content provider lokal untuk berkreasi. Kebetulan juga kebanyakan content provider diisi oleh tenaga-tenaga muda yang kreatif, sesuai dengan jiwa dan semangat Bakrie Telecom”.

”Semangat ini pula yang melekat pada diri Bakrie Telecom karena itu merupakan suatu kehormatan kami bisa melayani masyarakat dam memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bali lewat Hape Esia Bali”, kata Erik mengakhiri penjelasannya.

by Fauziyah Syafarina N

Februari 9, 2009 - Posted by | Esia | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: