*~aGusJohn’s Blog~*

Mengalir Bagaikan Air

#130: Gajah Mada: Pahlawan Nusantara (#01)- Res:

gajah-mada_1Judul: Gajah Mada: Pahlawan Persatuan Nusantara
Penulis : Muhammad Yamin
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun : 1993 (Cet. ke-14)
Hal : 113

Gajah Mada menjadi tokoh utama sejarah Kerajaan Majapahit. Timbul-tenggelam, pasang dan surutnya kerajaan besar tersebut hampir tak dapat dipisahkan dari nama tokoh terkenal ini.

Gajah Mada dengan segala wibawanya bercita-cita hendak mempersatukan Nusantara. Cita-cita tersebut diperjuangkannya dengan pengabdian yang sepenuhnya kepada negaranya.Karya Muhammad Yamin (cetakan ke-14) ini membuktikan betapa besar minat pembaca kepada sejarah tokoh legenda ini.

Muhammad Yamin, seorang sejarawan membentangkan secara luas dan terperinci, siapa Gajah Mada, dari mana asalnya, dan apas aja yang telah diperjuangkan olehnya semasa hidupnya. Kehidupan dan perjuangannya pantas menjadi ilham bagi cita-cita dan perbuatan kita semua.

Berikut catatan penting dalam buku ini:

gajah-mada_21

gajah-mada_31

Note:
diambil dari Kata Pengantar -Balai Pustaka.

(c)aGus John,
Wisma Bakrie Lt-4, Jaksel, 4 Maret 2009.

About these ads

Maret 4, 2009 - Posted by | RESENSI BUKU, Sejarah & Peradaban | , ,

10 Komentar »

  1. pak, ye lengkap dooonggg…
    trus kita bahass dehh..
    seruuu niiiy

    Komentar oleh riniandhika | Maret 19, 2009

  2. Boleh….
    kebatulan aku hobi banget baca sejarah2..

    Komentar oleh agusjohn | Maret 19, 2009

  3. TOLONG IDENTITAS MUHAMMAD YAMIN nYA LENGKAP DONG,KEBETULAN AKU ADA BELAJAR SEJARAH TENTANG MUHAMMAD YAMIN NIH,PLEASE!

    Komentar oleh CHYLSIA | April 1, 2009

  4. IDENTITAS MUHAMMAD YAMIN YANG LENGKAP YA !

    Komentar oleh CHYLSIA | April 1, 2009

  5. identitas apa ya, yang dimaksud??

    Komentar oleh agusjohn | April 1, 2009

  6. kok informasinya nanggung ch,,,,,, pa!
    yang lengkap donggggg.
    khususnya tentang pahlawan nusantara “gajah mada”
    toling ya pa criin biodata beliau yang lengkap , alx aku kagum padanya,,,, key tahnks

    Komentar oleh Andi Ashari | September 9, 2009

  7. Betul, MAs Andi.
    sebenarnya resensi Gajah Mada itu belum selesai, karena faktor angka2 tahun yg saya dulukan.
    Next, akan kita buatkan resensi khusus bukunya.

    btw, saya juga sedang proses resensi buku tentang Gajah Mada, tapi dalam genre novel sejarah.
    ditunggu saja yah..
    terima kasih.

    Komentar oleh agusjohn | September 9, 2009

  8. GajahMada sang tokoh fenomenal. Siapa sesungguhnya Gajah Mada? Dari mana Asalnya ? Pusaranya dimana ?Dari poster perawaknya, facenya dan tapannya yang tajam, macamnya bukan orang pulau Jawa.
    Nampaknya aneh aneh: Ada apa dengan penulisan sejarah masa lalu? Tokoh yang melegenda ini laksana mitos. Tokoh sejarawan, ilmuan dan Filsuf rubun tahun lalu bisa dikenali asal usulnya dan tahun / pusara kematiannya. Mengapa Gajah Mada hilang begitu saja ditelan Bumi.
    Apakah ada data tertulis yang dipercaya tentang awal dan akhir dari tokoh ini ?

    Komentar oleh domini | November 11, 2009

  9. Ada buku terbaru novel dari Aan Permana (?) yg cukup berani membuat suatu alur baru; bahwa Gajah Mada asalnya dari Banten.
    Menarik sekali bacanya.

    Komentar oleh agusjohn | November 12, 2009

  10. untuk menjadi orang kuat,berpengaru,tidak harus menjadi no:1
    contoh nya ya ya sang maha patih kita tercinta,Gajah Mada. salam hormat.

    Komentar oleh Tiknon kariyo | Juli 9, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: